Tuesday, December 19, 2006

2006: 20 Desember, Satu Tahun Anez Mengucapkan Selamat Tinggal Kepada Dunia

No longer mourn for me when I am dead
Than you shall hear the surly sullen bell
Give warning to the world that I am fled
From this vile world, with vilest worms to dwell.
("Sonnet 71," William Shakespeare 1564-1616)



Tokoh Tahun 2006 Majalah TIME. Apakah Anda merasa ikut terpilih sebagai tokoh tahun 2006 dari majalah bergengsi, TIME, dari Amerika Serikat ? Saya yang tinggal di Wonogiri, menjadi GR, gede rasa, merasa ikut terpilih menjadi tokoh terhormat.

Silakan jalan-jalan ke kios majalah atau toko buku dan bukalah majalah itu edisi yang terbaru. Di sampulnya akan Anda temui :

Person of the Year : You.
Yes, you.
You control the Information Age.
Welcome to your world.

Keputusan TIME yang sangat fenomenal. Bagi saya, hal itu sangat membesarkan hati. Saya memang tinggal di Wonogiri, tetapi bertahun-tahun pernah membaca-baca majalah TIME yang saya beli dari lapak buku dan majalah bekasnya Pak Yono (“asal Sragen”) di depan kantor PMI Kramat Jaya Jakarta. Sehingga saya merasa penghargaan itu juga untuk saya. Penjelasan Lev Grossman dari TIME sungguh menarik kita simak :


“Kami melihat ledakan produktivitas dan inovasi, dan fenomena ini barulah awal, bagaimana jutaan otak yang biasanya tenggelam dalam obskuritas, alias tidak dikenal, kini menyepak balik sebagai pelaku ekonomi intelektual global. Siapa saja mereka ?

Sesungguhnya mereka adalah orang yang duduk di depan komputer sesudah seharian bekerja dan berkata, saya tidak akan menonton “Lost” di televisi malam ini. Bagaimana kalau saya menghidupkan komputer dan merancang film dengan iguana, binatang kesayangan saya, sebagai aktor utamanya ? Bagaimana kalau saya mencampur aduk musik kelompok 50 Cent dengan instrumentalia dari kelompok musik Queen ? Bagaimana kalau saya menulis blog untuk menuangkan uneg-uneg tentang diri saya, tentang negara, atau tentang masakan stik dari restoran baru kotaku ?

Siapakah yang memiliki waktu dan energi serta gairah semacam itu ? Jawaban yang sebenar-benarnya adalah : Anda. Dan sebagai penguasa kendali media global, sebagai fondasi dan bingkai demokrasi digital yang baru, yang bekerja tanpa pamrih dan mengalahkan kalangan profesional dengan cara mereka sendiri, maka Tokoh Tahun 2006 dari majalah TIME adalah Anda.”

Diam-diam hatiku ikut bersorak. Era jurnalisme warga sedang marak dan menjadi tren utama di dunia. Di kota kecil saya, Wonogiri ini, saya pun terlah beberapa waktu ikut sebagai pelaku aktif dalam arak-arakan peradaban baru, peradaban demokrasi digital yang bersejarah itu. Sebagai pendiri komunitas Epistoholik Indonesia, saya tak henti mempromosikan penguasaan blog bagi warga komunitas saya.

Dari Wonogiri saya mengelola blog sejak tahun 2003. Secara kasar hingga kini jumlahnya melebihi 40-an. Termasuk blog satu ini, sebagai monumen untuk mengenang salah satu wanita terindah, Widhiana Laneza.


Anez Meninggal Dunia Di Denpasar. Bukan di Jakarta. Tanggal 20 Desember 2005. Menurut kabar email yang dikirimkan kepada saya oleh kakaknya, Verdi Amaranto, Anez meninggal dunia tiga hari setelah pernikahannya.

Tanggal 20 Desember ini bukan hanya menjadi hari duka milik keluarga Bapak/Ibu Taufik Rachman Soedarbo. Dua ratus lima puluh tujuh tahun lalu, Susuhunan Pakubuwono II, raja Solo, juga meninggal pada tanggal yang sama. Sutradara film The Sting, George Roy Hill, meninggal di usia 80 pada tahun 2002. Dawn Steel, pembuat film romantis When Harry Met Sally, meninggal di usia 51 tahun (1997). Astronom terkenal Carl Sagan, meninggal di usia 62 (1996). Dean Rusk, Menter Luar Negeri AS (1961-69), meninggal di 85 (1994). John Steinbeck, pengarang Grapes of Wrath, pemenang Nobel 1962, wafat dalam usia 66 (1968).

Apa yang tersaji di harian Kompas, edisi tepat satu tahun meninggalnya Anez ini ?

Image hosted by Photobucket.com


HARIAN KOMPAS, 20 DESEMBER 2006. “MK Beri Batas Waktu Tiga Tahun,” bunyi kepala berita di halaman 1. Beita ini meyangkut Mahkamah konstitusi yang menyatakan bahwa Pengadilan Tindak pidana Korupsi bertentangan dengan UUD 1945. Namun MK menangguhkan putusannya selama tiga tahun hingga terbentuknya undang-undang yang memperbaiki keberadaan Pengadilan Tipikor serta menyatukan sistem peradilan tindak pidana korupsi.

Pada halaman pertama juga terdapat artikel mengenai “Trans Fat” Mulai Diharamkan. Artikel ini membahas fenomena Kentucky Fried Chicken akhir Oktober lalu mengumumkan akan mengganti minyak gorengnya yang mengandung substansi penyumbat pembuluh darah arteri ini dengan sejenis minyak kedelai yang tidak mengandung trans fat. Langkah KFC ini menyusul Wendy’s yang melakukan hal yang sama Juni lalu. Judul berita lainnya : “Lumpur Panas : Urat Nadi Transportasi Jawa Timur Makin Kritis,” dan “Kami Merindukan Natal yang Damai.”


Rupiah Melemah. Terhadap Dollar AS. Pukul 21.00 WIB : Kurs Tengah Uang Kertas Asing BI : 9.100. Kurs Tengah Bloomberg : 9.117,5.

Surabaya Hujan. Suhu : 24-34 C. Kelembaban : 65-95 %. Jakarta Hujan : Suhu : 24-31 C, Kelembaban : 70-96 %.


Nama dan Peristiwa. Maribeth Punya Kerja Baru. Masih ingat penyanyi kelahiran Bayombong, Filipina, Maribeth ? Aktris yang terkenal lewat lagu Denpasar Moonitu kini punya kesibukan lain.

Ia kini membantu sebuah sekolah olah vokal dan musik di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sejak lima bulan lalu. Ia kini menetap diJakarta dan 14 Januari mendatang akan genap bersusia 35 tahun. (HAR).


Humaniora.

Image hosted by Photobucket.com

Bintang Mobil Belajar. Pelajar SMP Tugu Bhakti, Jakarta, mengikuti pelatihan komputer di Bintang Mobil Belajar. Bintang Mobil Belajar adalah sumbangan PT BMW Indonesia untuk membantu proses belajar-mengajar di daerah pascabencana di Indonesia. (Hal. 12/Foto : Kompas/Alif Ichwan).


Siswi Indonesia Dapat “Grand Winner”. SD Islam Dian Didaktika Cinere, Depok, memperoleh penghargaan grand winner dalam kompetisi KidWitness News se- Asia Pasifik di Kuala Lumpur, Malaysia, 7-9 Desember 2006.

Video “Angklung” dari siswa Indonesia itu berhasil mengalahkan video karya wakil negara lainnya seperti dari Selandia Baru, Singapura, Thailand, Australia dan Malaysia. Karya Syifa Alsakina, Rininta Irientantya dan Tara Aprilia Widianti tersebut selanjutnya akan diikutsertakan dalam International Award Category di Amerika Serikat, Mei 2007.

KidWitness News adalah program hands-on video berupa pembuatan berita berdurasi 5 menit untuk siswa-siswi SD. Program ini dimulai tahun 2004 di Indonesia ini mengangkat tema seni, olahraga, dan lingkungan, disponsori PT Panasonic. (*/PIN).
Situs Petungombo.

Image hosted by Photobucket.com

Anez Itu Alumnus Arkeologi UI. Apa kira-kira komentar dia kini bila melihat foto di atas ? Nampak dalam foto warga Dusun Petungombo, Desa Ngepanrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menonton kumpulan benda-benda purbakala yang ditemukan di dusun mereka, Selasa (19/12). Atas inisiatif Kantor dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Magelang, benda-benda ini dipagari dan diberi nama Situs Petungombo. (Hal. 13/Foto : Kompas/Regina Rukmorini).


(BERSAMBUNG).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home